Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum Karawang adalah badan usaha milik pemerintah karawang yang memiliki cakupan usaha dalam pengelolaan air minum dan pengelolaan sarana air baku untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karawang yang mencakup aspek sosial, kesehatan dan pelayanan umum.

Kebutuhan air bersih dari tahun ke tahun selalu meningkat akibat dari penambahan jumlah penduduk, penggunaan di bidang pertanian, rumah tangga, aktivitas lingkungan, kemajuan teknologi serta peningkatan ekonomi masyarakat dan pesatnya perkembangan industi di kabupaten karawang.

Sumber daya air adalah sumber daya berupa air yang berguna atau potensial bagi manusia.  Oleh karena itulah air bersih PDAM Karawang sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan masyarakat di kabupaten karawang baik secara kualitas, kuantitas, kontiunitasdan keterjangkauan.

Kapasitas produksi PDAM Tirta Tarum Karawang mencapai 1090 L/Detik dan total sambungan langganan aktif sampai dengan maret 2019 mencapai 77.493. Dari 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang yang sudah terlayani air bersih/minum dari PDAM ada 25 kecamatan. Untuk cakupan Teknis mencapai 44,37% dan cakupan administrasi 22,99%.

Air PDAM Karawang berasal dari 3 sumber air yaitu yang pertama air permukaan yang di dapatkan dari bendungan Walahar, sungai Citarum dan waduk Cipule. Sumber air kedua diambil dari beberapa mata air di daerah Kabupaten Karawang dengan total debit 1090 L/dtkdan diolah di Resevoir. Untuk pengolahan air baku yang berasal dari air tanah digunakan sistem filtrasi dan desinfektan untuk membunuh bakteri.

Saat ini PDAM Tirta tarum Karawang memiliki tujuh cabang dan tiga belas unit/IKK pelayanan yang telah melayani 25 kecamatan. Sangat mudah jika masyarakat karawang ingin mendaftar menjadi pelanggan PDAM. Pemabayaran tagihan air pun saat ini sudah bisa di lakukan secara online, banyak payment point online bank (PPOB) dan switching/agent pembayaran yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Alfamart, indomart, Pos Giro, transfer di ATM BNI, bahkan bisa membayar tagihan air melewati T-Cash, Tokopedia, Bukalapak dan yang lainnya.

Tentunya masing-masing cabang/unit membuka loket/kasir pembayaran rekening air, sehingga dapat memudahkan pelanggan PDAM Karawang untuk membayar tagihan air. Mobil pelayanan PDAM akan segera beroperasi untuk pelanggan PDAM Karawang yang akan melakukan pembayaran rekening air ataupun pengaduan gangguan air.

Pengaduan gangguan PDAM Karawang mengusung tema one day service. Untuk pelanggan PDAM Karawang jika ada gangguan air seperti air kotor, tidak keluar air bisa langsung menghubungi via sosial media seperti whatsapp, facebook, instagram, twitter dan masih tetap bisa melalui telpon/SMS untuk pelanggan yang belum menggunkan akun sosial media.

Saat ada pengaduan, tim admin sosial media akan dengan cepat menginformasikan kepada pihak cabang/unit terkait bahwa ada pengaduan, lalu tim distribusi masing-masing cabang terkait langsung menuju lokasi dimana gangguan air tersebut di informasikan oleh pelanggan. Kominfo Kabupaten Karawang pun sudah menyediakan layanan aplikasi pengaduan dengan nama aplikasi TANGKAR (Tanggap Karawang).

Sekarang sangat mudah sekali bagi pelanggan PDAM Karawang untuk mendapatkan informasi gangguan, melakukan pengaduan gangguan air dan pembayaran rekening air.

Pada saat akan ada perbaikan akibat gangguan teknis dari PDAM itu sendiri, tim admin sosial media PDAM menginformasikan bahwa akan melakukan perbaikan di wilayah tertentu di semua sosial media PDAM, sehingga pelanggan bisa menyimpan cadangan air terlebih dahulu.

Seperti moto baru PDAM Tirta Tarum Karawang yaitu BEST (Berikan service Terbaik). Inti dari moto tersebut adalah PDAM sebagai perusahaan air yang harus memberikan pelayanan bagi masyarakat Karawang dengan optimal dan bisa membawa Kaupaten Karawang terbang dan harum.

 


Link PDF File Karya Tulis : Klik Disini